Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Kamis, 16 Oktober 2008

Ciri Belajar Efektif

Jum'at pagi jam 10 di Lab, aku nyetel musik Mission Impossible, trus aku tanya ke anak2 apa mereka keganggu kalo pake musik??ternyata mereka jawab "Ngga bu.. biar ga boring.."
akhirnya aku kerasin sedikit musiknya, tiba-tiba ada yang requess lagunya Afgan yang judulnya Sadis, trus aku puterin, dilanjutkan dengan Terimakasih Cinta milik Afgan juga..

Ternyata, mereka seneng dan have fun banget belajar sambil denger musik. Jadinya Sersan (Serius Santai-red).
Yang terpenting dari Metode pembelajaran adalah "Menyenangkan dan Bermakna".
Itulah ciri belajar yang efektif. (Seperti kata Bu Erli, di mata kuliah Belajar&Pembelajaran, Akta-UNLA).

Bicara tentang model pembelajaran..yang saya pakai adalah model Konstruktif, yang berarti membangun kreatifitas siswa , jadi guru disini hanya berperan sebagai fasilitator saja, selebihnya Siswa yang berperan aktif, dari mulai belajar sampai akhir. Model ini bisa juga digunakan di kelas teori, misalnya dengan metode tanya jawab dan presentasi..

Tapi kalau belajar sambil denger musik di kelas, jelas ngga mungkin dan sangat mengganggu..
Jadi..sebisa mungkin seorang guru harus bisa menciptakan metode yang menarik agar dapat meningkatkan mood siswa dalam belajar..

Ok..

Tidak ada komentar:

Selamat Membaca.., Semoga Bermanfaat...
Tidak ada yang lebih indah selain dekat dengan Nur Rasa Auliya dan Kamila Savira Nafisa... I LOVE You..

Auliya Kecil...

new_software shareware freeware adware software downloads

Cari Blog Ini